Thursday, May 24, 2007

FAKTOR KEBERUNTUNGAN

Kalau seorang pria sial menjual payung, hujan pasti berhenti; kalau ia menjual lilin, matahari pasti tak pernah terbenam; dan kalau ia membuat peti mati, orang-orang pasti berhenti mati

- Peribahasa Yiddi -

Lemparkanlah seorang pria beruntung ke dalam laut dan ia akan muncul dari permukaan dengan seekor ikan di mulutnya

- Peribahasa Arab -


Mengapa sebagian orang menjalani hidup yang bahagia dan sukses, sementara sebagian yang lain menghadapi kegagalan?

Mengapa sebagian orang menemukan pasangan sempurna, sementara sebagian yang lain terhuyung-huyung dari satu hubungan gagal ke hubungan gagal lainnya?

Apa yang memampukan sebagian orang memiliki karir sukses, sementara sebagian yang lain mendapati diri mereka terperangkap dalam pekerjaan yang tidak mereka sukai?

Bisakah orang-orang sial melakukan sesuatu untuk mengembangkan keberuntungan mereka, dan kehidupan mereka?

Jawaban untuk pertanyaan terakhir di atas adalah YA. Selama sepuluh tahun Dr. Richard Wiseman telah meneliti ribuan orang-orang beruntung dan sial. Dari hasil penelitiannya, telah ditemukan formula untuk menjadi beruntung. Dan yang lebih menakjubkan lagi adalah formula ini dicoba diterapkan oleh orang-orang yang sial. Dan ternyata, secara signifikan, orang-orang sial tersebut telah menjadi orang-orang yang beruntung.

Menurut Wiseman, terdapat 4 prinsip dasar untuk mendapatkan keberuntungan. Apa saja ke-empat prinsip tersebut:


  1. Menciptakan, menyadari, dan bertindak sesuai peluang kebetulan dalam hidup Anda.

Jangan meremehkan hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup Anda. Banyak orang mengira bahwa untuk mendapatkan hasil yang besar, seseorang harus melakukan hal yang besar pula. TIDAK. Sekali lagi TIDAK. Pertama, karena adanya waktu, maka adalah mustahil jika semua tindakan itu dapat dilakukan hanya dalam satu waktu saja. Kedua, dari hal pertama, maka niscaya yang dapat kita lakukan hanyalah hal-hal kecil dari satu rentang waktu ke rentang waktu yang lain. Jadi, apa yang membedakannya. Yang membedakannya adalah banyak yang mengira sebuah kesuksesan itu hanya terjadi dalam satu perbuatan besar dalam waktu semalam. Kebanyakan orang tidak membuka mata dan menyadari setiap peluang dalam setiap perbuatan-perbuatan kecil yang mereka lakukan atau dalam setiap peristiwa-peristiwa kecil yang terjadi dalam kehidupan mereka.

Suatu hari saya pernah menggendong anak saya, Zaky Ruzbihan yang berumur 1 tahun 10 bulan, dan berjalan melewati hamparan sawah yang padinya mulai menguning. Terus, saya berkata kepada anak saya, “Zaky! Lihat, itu padi!” Anak saya kemudian berkata, “Mana? Mana?” Saya kemudian berkata sambil menunjuk ke arah hamparan padi, “Itu, sana. Coba lihat!” Tapi anak saya tetap berkata, “Mana? Mana?” Mengapa anak saya tetap berkata demikian, karena dalam pikirannya ia belum memahami yang mana disebut padi. Dia hanya belum menyadarinya, bahwa apa yang dilihat di depan matanya itulah yang disebut padi. Dan begitu banyak orang yang tidak melihat dan menyadari peluang dalam setiap peristiwa-peristiwa kecil.

Ingat!!! Suatu sebab sempurna membutuhkan sekian syarat-syarat, dan dalam memenuhi semua syarat, Anda membutuhkan perjalanan waktu dan perbuatan-perbuatan kecil. Bertindaklah, bertindaklah, bertindaklah!!! Lihatlah aspek positif dari sebuah peristiwa, bergaullah, sadarilah sebanyak mungkin peluang, terbukalah dengan semua perubahan yang terjadi. Ingatlah satu prinsip sederhana ini: PELUANG SAMA, KEHIDUPAN BERBEDA.

  1. Ambillah keputusan sukses dengan menggunakan intuisi dan insting Anda.

Henri Poincare, ilmuwan dan penulis Perancis, pernah berkata, “Dengan ilmu pengetahuan kita membuktikan, namun dengan intuisilah kita menemukan.” Saya tidak akan menjelaskan bagaimana intuisi itu di sini, tapi penting bagi Anda untuk menyadari hal penting, yaitu: dengarkan intuisi Anda dalam bidang apapun di kehidupan Anda. Seperti yang terucap oleh Ricardo R. Bellino, seorang pengusaha Brasil yang berhasilkan meyakinkan Donald Trump hanya dalam waktu tiga menit untuk mau berinvestasi di Brasil, “Intuisi takkan berhenti berbicara pada kita; kitalah yang berhenti mendengarkannya.” Dan Anda tahu, dalam penelitian Wiseman, orang-orang yang beruntung cenderung mendengarkan intuisi mereka.

  1. Harapan tentang masa depan membantu Anda memenuhi impian dan ambisi Anda.

Banyak orang yang begitu percaya diri bahwa mereka kemungkinan besar akan gagal dalam masa depan mereka, bahwa masa depan mereka begitu suram. Yang lebih aneh lagi, hal tersebut bukan hanya sekedar prediksi, tapi kepercayaan yang mereka yakini. Dalam penelitian Wiseman, orang-orang yang beruntung justru berpikir sebaliknya: mereka percaya bahwa mereka akan lebih baik di masa yang akan datang, mereka percaya akan nasib baik yang akan menunggu mereka.

Orang yang beruntung dan sial sama-sama memiliki impian dan ambisi, tetapi orang beruntung lebih percaya akan keberhasilan impian mereka; sedangkan orang yang sial sebaliknya: mereka tidak begitu mempercayai bahwa impian mereka akan terwujud. Orang beruntung optimis, sedangkan orang sial sering pesimis. Harapan – positif ataupun negatif – akan mempengaruhi reaksi Anda saat ini. Dan coba dengarkan apa yang dikatakan dalam buku The Secret berikut ini: Ciptakan hari Anda terlebih dulu dengan memikirkan wujud peristiwa yang Anda inginkan, maka Anda akan menciptakan hidup Anda dengan sengaja. Hal senada juga diungkapkan oleh Bob Proctor, “Hasrat menghubungkan Anda dengan sesuatu yang Anda hasratkan dan harapan menariknya ke dalam hidup Anda.” Dengan demikian, sekecil apapun sebuah peluang Anda, ketika Anda memiliki harapan yang baik, maka Anda akan menghadapinya walau di landa hambatan sekalipun.

  1. Ubahlah persepsi Anda, ambil hikmah dari setiap kejadian, hindari berlarut-larut dalam kesedihan, dan antisipasilah setiap peristiwa yang akan datang.

Setiap peristiwa menuntut kita untuk menafsirkannya. Setiap tafsiran yang kita berikan akan membentuk perilaku dan kehidupan kita selanjutnya. Jika Anda memandang sebuah peristiwa dengan negatif, maka Anda tidak akan pernah tahu hikmah dibalik peristiwa tersebut. Mengapa? Karena Anda menghabiskan diri Anda untuk menyalahkan. Dan apa yang terjadi selanjutnya? Anda akan cenderung larut dalam kesedihan dan penderitaan yang mendalam; dan hal ini akan membuat Anda semakin bingung menghadapi masa depan.

Tapi cobalah untuk membalikkan situasi ini! Ketika Anda menafsirkan sebuah peristiwa dengan positif, maka Anda akan cenderung melihat hikmah dibalik sebuah peristiwa; Anda akan memiliki semangat baru untuk keluar dari lingkaran kepedihan tersebut; dan ini akan menjadi langkah kreatif bagi Anda dalam menapak masa depan.

Cobalah!!! SEMOGA BERUNTUNG!

5 comments:

  1. Cocok Mas Syahril. Bagus, mendalam artinya. Semoga banyak member TDA yang baca ya...

    Sukses selalu,

    Wuryanano

    ReplyDelete
  2. Salam,

    Makasih banyak Pak Wuryanano atas komentarnya, sungguh membuat saya semakin ingin berbuat lebih baik.

    syahril
    http://syahril-ril.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Thanks Mas Syahril atas Masukannya,
    Semoga kita jadi orang-orang yang beruntung.

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih atas informasinya. Salam Kenal dan Salam Sukses. Saya menemukan link Download Gratis, Software Islami, Ebook Islami, Sofware komputer disini : http://www.thibbun-nabawiyah.com semoga bermanfaat.

    ReplyDelete