Friday, May 4, 2007

LEPASKAN POTENSI ANDA!!!


Gambar apakah di atas? Cobalah untuk menebak? … Baiklah, saya akan memberitahukan kepada Anda. Gambar di atas adalah gambar sebuah pohon tomat yang memiliki buah tomat sebanyak 12.000 buah tomat setiap batangnya. Pohon tomat ini pernah dipamerkan dalam Pameran Sains dan Teknologi Tsukuba pada tahun 1985. Pohon ini ditanam dan dikembangkan oleh seorang ahli agronomi, Shigeo Nozawa.

Banyak yang mengira bahwa pohon tomat ini adalah sebuah hasil rekayasa bioteknologi. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Sesungguhnya pohon tomat ini sama dengan pohon tomat yang lain. Pohon ini dihasilkan dari biji sebuah varietas tomat biasa, yang biasanya hanya akan menghasilkan 20 atau 30 buah tomat. Kalau begitu apa yang membedakannya, sehingga pohon tomat ini menghasilkan buah tomat yang berbeda jauh dengan saudara-saudara tomat yang lain?

Selama ini orang-orang sering mengira bahwa media yang paling baik dalam menanam sebuah pohon adalah tanah. Selain sinar matahari dan udara, tanah dianggap sebagai aspek penting dalam bercocok tanam. Kenapa? Karena tanaman mengirimkan akarnya ke dalam tanah untuk menyerap nutrisi dan kelembapan yang diperlukan untuk tumbuh. Akan tetapi, Nozawa memiliki sudut pandang yang sedikit berbeda. Menurut Nozawa, kemampuan sebuah tanaman untuk tumbuh justru dihalangi oleh kenyataan bahwa akar-akar tanaman tersebut tumbuh di dalam tanah; akar membutuhkan upaya yang “agak keras” untuk mengirimkan akarnya karena kondisi tanah yang cukup padat. Dengan kata lain, akar mendapatkan sedikit halangan untuk melepaskan potensinya.

Nah, dengan keyakinan itu, maka Nozawa memutuskan untuk menumbuhkan pohon tomatnya di air, untuk melepaskan akar-akar dari kurungannya dan membiarkannya dengan bebas menyerap pemberian alam. Metode ini dikenal dengan metode hidroponik. Selanjutnya, Anda sudah bisa melihat sendiri hasilnya. Dengan metode ini, Nozawa telah berhasil menumbuhkan sebuah pohon tomat biasa, tapi memiliki buah yang banyaknya seribu kali lipat daripada pohon tomat yang lain.

Jika pohon tomat memiliki potensi yang sebesar itu, apalagi manusia. Satu-satunya yang menjadi batasan bagi pelepasan potensi Anda adalah diri Anda sendiri. Anda selalu membatasi potensi Anda dengan kurungan-kurungan mental yang Anda buat sendiri. Lepaskan kurungan-kurungan mental tersebut, dan Anda akan melihat perubahan yang luar biasa dalam diri Anda.

No comments:

Post a Comment